Perbedaan OPPO Reno4 F dan Reno5 F

Bombaycafeorlando – Kemunculan OPPO Reno4 F di industri smartphone membuat OPPO mengeluarkan produk baru berlabel Reno5 F pada pertengahan Maret 2021. Jika diulas, kedua ponsel yang diakhiri dengan huruf “F” ini memiliki beberapa kesamaan. , salah satunya adalah penggunaan teknologi Bluetooth 5.1 yang menjanjikan mampu mentransfer dengan kecepatan lebih dari 2 Mbps.

Keduanya belum dibekali teknologi NFC, kedua perangkat ini memiliki beragam sensor mulai dari kompas, proximity, gyroscope, accelerometer, desain pemindai dan optik, sidik jari di bawah layar.

Perbedaan OPPO Reno4 F dan OPPO Reno5 F

Nah, pertanyaannya sekarang apakah kedua ponsel OPPO ini memiliki perbedaan. Tentu saja! Jika Anda memperhatikan spesifikasi di atas, Anda pasti pernah menemukan perbedaan antara Reno4 F dan Reno5 F. Perbedaan OPPO Reno4 F dan OPPO Reno5 F

1. Tampilan

Reno4 F dan Reno5 F keduanya memiliki konsep layar yang mirip, disebut Punch Hole. Lubang tersebut berfungsi sebagai tempat tidur untuk kamera selfie yang berada di kiri atas layar perangkat. Hanya saja Reno4 F memiliki bentuk oval horizontal karena mengintegrasikan dua sensor ke kamera depan, sedangkan Reno5 F didesain kecil dan bulat seperti kepingan cokelat.

Di bagian belakang, keduanya terbuat dari plastik namun dengan desain yang berbeda. Area perumahan Reno4 F ramping dengan gradien dua warna yang dianimasikan oleh kamera utama berbentuk persegi dengan empat sensor. Dilengkapi dengan lampu kilat LED yang terletak di sebelah kamera utama dan, seperti biasa, tulisan “OPPO” terukir di kanan bawah.

Mari kita beralih ke bagian belakang Reno5 F yang memiliki bahasa desain yang mirip dengan pendahulunya, tetapi ada sedikit perubahan pada bingkai kamera. Bingkai kamera Reno5 F berbentuk segi empat ke arah bawah, karena selain empat sensor kamera utama telah terpasang lingkaran dengan AI yang menandakan adanya fungsi pintar di kamera utama.

Berbicara tentang teknologi layar, kedua ponsel ini dirancang dengan ukuran layar 6,43 inci dengan panel sport yang berbeda. Super AMOLED ditunjuk oleh Reno4 F sebagai teknologi panel, yang seharusnya memberikan kontras warna yang lebih baik. Sementara itu, Reno5 F memiliki panel AMOLED yang memiliki tampilan warna yang cerah namun tidak sebagus Reno4 F.

Kedua ponsel OPPO ini bisa dikatakan memiliki dimensi ruang yang sangat tipis, seperti tidak ada ruang sama sekali. Dengan bobot 164 gram, bodi OPPO Reno4 F memiliki dimensi 160,1 x 73,8 x 7,5 mm. Sedangkan OPPO Reno5 F yang lahir dengan bobot 172 gram memiliki dimensi 160,1 x 73,2 x 7,8 mm. Sepertinya OPPO Reno5 F sedikit lebih besar dari pendahulunya.

2.Pondasi OS dan Interface

Apakah kelahiran OPPO Reno5 F disertai dengan track review? Sedangkan untuk track, OPPO telah memutuskan untuk mengintegrasikan SoC yang sama di Reno5 F dengan Reno4 F. Keduanya ditenagai oleh MediaTek MT6779V Helio P95 12 nanometer yang terdiri dari octa-core yang terdiri dari dua core Cortex.-A275 dengan frekuensi dari 2,2 GHz dan enam inti Cortex-core. A55 mengukur 2,0 GHz.

Memiliki kartu grafis yang seimbang, yakni PowerVR GM9446, ternyata sistem operasi dan sistem antarmuka kedua ponsel mewah ini memiliki beberapa perbedaan. Reno4 F masih berbasis sistem operasi Android 10 yang memiliki fitur seperti Wi-Fi sharing, smart response, sound booster, focus mode, live captioning dan beberapa fitur keren lainnya.

Mari kita beralih ke Reno5 F yang sudah menggunakan sistem operasi terbaru yaitu Android 11. Dengan sistem operasi ini, pengguna Reno5 F dapat merasakan beberapa fitur keren dan lebih baru mulai dari akses ke mini game, mengubah ukuran gambar di gambar , konfigurasikan Smart Home pada tombol daya, tonton riwayat notifikasi, gunakan mode “Jangan distribusikan”.

Sedangkan untuk sistem antarmuka, Reno4 F berbasis ColorOS 7.2 yang mengusung sejumlah fitur canggih termasuk rotasi cerdas yang memungkinkan kamera depan mengetahui orientasi wajah pengguna.

Lalu ada Smart Air Control yang memungkinkan pengguna terhubung ke perangkat tanpa menyentuhnya, dan AI APP Preloading yang mendorong perangkat untuk membuka aplikasi 23,63% lebih cepat.

Sementara itu, pengguna Reno5 F akan diajak menjelajahi berbagai fitur keren dari sistem antarmuka ColorOS 11.1. Beberapa fitur tersebut antara lain Adjustable Touch Gaming untuk memaksimalkan algoritme sentuhan, Bullet Screen Message untuk menangkap pesan penting tanpa menghentikan aplikasi game, dan Three Finger Translate with Google untuk memudahkan proses penerjemahan.

3.Konfigurasi Kamera

Sangat menyenangkan melihat Reno4 F dan Reno5 F rukun dalam aspek kamera utama. Ya, bisa dibilang perbedaan keduanya hanya pada depth sensor dan macro. Selebihnya, untuk sensor lebar yang cocok dengan ukuran 48 MP dengan bukaan f/1.7 dan sensor ultra lebar dengan resolusi 8 MP dengan bukaan f/2.2. Jangan lupa untuk mengundang fungsi flash LED, HDR, dan panorama.

Jadi, pada pemeriksaan lebih dekat, Reno4 F memiliki sepasang aperture 2 MP f / 2.4 untuk digunakan dengan dua sensor kedalamannya. Berbeda dengan Reno5 F yang memiliki sensor makro berkonfigurasi bukaan 2 MP f/2.4 dan sensor kedalaman 2 MP dengan bukaan f/2.4. Mari beralih ke sistem kamera depan, yang juga menjadi bahan perdebatan.

Modul sensor kamera depan Reno5 F berukuran 32 MP dengan bukaan f/2.4. Sedangkan Reno4 F memiliki dua sensor yaitu lensa 16 MP dengan bukaan f/2.4 untuk sensor lebar dan bukaan 2 MP dengan bukaan f/2.4 untuk sensor kedalaman. Untuk kemampuan video dari kedua smartphone ini tidak perlu diragukan lagi.

4.Teknologi Baterai

Terintegrasi dengan baterai Li-Po yang bertenaga, kedua smartphone ini memiliki perbedaan ukuran baterai. Pengguna Reno4 F dapat terus menelusuri berbagai aplikasi berkat baterai 4000mAh. Diklaim bahwa energi dapat bertahan hingga 15 jam 20 menit untuk mendukung aktivitas seluler sehari-hari dalam penggunaan normal.

Belum lagi Reno4 F juga menawarkan teknologi fast charging yang mencapai 18W. Meski disebut-sebut baterainya tebal, berkat teknologi ini, energinya bisa diisi ulang dengan cepat. Misalnya, dalam keadaan baterai 5% dan ingin terisi penuh, pengguna hanya perlu menunggu sekitar 1 jam 29 menit.

Sementara itu, Reno5 F mendapat tenaga lebih besar, yakni sebesar 4.310mAh. Untuk membuat kemampuan penyalaan lebih lama dari pendahulunya, perangkat ini dapat membaca dan menulis selama 24 jam dengan sekali pengisian daya. Reno5 F mendukung sistem baterai yang lebih berkembang dengan menawarkan fungsi Super Night Standby dan Super Power Saving Mode.

Untuk teknologi fast charging, Reno5 F mengintegrasikan fungsi VOOC Flash Charge 4.0 dengan kecepatan 30W. Berkat teknologi canggih ini, perangkat memperoleh amunisi lengkap dalam 56 menit. OPPO juga mengklaim bahwa produk ini dapat bekerja hingga 2 jam 9 menit untuk menonton YouTube selama 5 menit pengisian daya.

5.Gap Kecil Lainnya

Sampaikan sedikit perbedaan antara Reno4 F dan Reno5 F yang terdiri dari warna dan harga. Khusus untuk Anda yang sedang mencari Reno4 F, Anda akan disuguhkan dengan dua pilihan warna yang menarik yakni matte black dan metallic white. Sementara itu, Reno5 F bersiap-siap untuk memperkenalkan dua varian warna yang stylish yakni Fluid Black dan Fantastic Purple.

Berikut aspek harga yang sepertinya sudah ditunggu-tunggu bukan? Dirilis Oktober 2020, Reno4 F masih eksis di pasaran Indonesia seharga Rp3,79 juta untuk model 8/128GB. Untuk Reno5 F, ponsel baru OPPO ini siap dibeli seharga 4,29 miliar rupiah dengan tipe 8/128 GB.

Refensi : Berita Teknologi Terbaru